Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 520

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 535

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 542

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 578

Deprecated: Function set_magic_quotes_runtime() is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 18

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/users/menwa/www/wp-settings.php:520) in /home/users/menwa/www/wp-content/plugins/sidebar-login/sidebar-login.php on line 260
Petunjuk lomba Permainan Tradisional : MENWA ITS
pro investasi

Petunjuk lomba Permainan Tradisional

April 15, 2011

A. Permainan Bentengan

Permainan ini merupakan permainan yang tidak asing karena sering dimainkan di kampung-kampung. Permainan ini terdiri dari 2 kelompok, dimana setiap kelompok terdiri dari 4 orang. Setiap kelompok akan ditempatkan disebuah bentengnya masing-masing yang nantinya harus dijaga. Bentengnya bisa berupa pohon, tiang, dan lain-lain atau benda yang tidak dapat dipindah atau digeser. Setiap kelompok harus merebut benteng lawan dengan cara memegang atau menyentuh.

Peraturan permainan :

- Waktu permainan ± 10 menit.

- Apabila salah satu anggota A menyerang sebuah benteng yang dijaga lawan yang masih berada di area benteng dan anggota A sampai tersentuh lawan maka anggota A akan dipenjara di dekat benteng lawan.

- Apabila anggota A keluar dari benteng lebih awal dari lawan maka lawan berhak untuk menangkap anggota A.

- Apabila anggota A kembali masuk ke benteng kemudian keluar lagi maka anggota A berhak untuk menangkap lawan.

- Apabila anggota lawan tinggal seorang saja maka anggota kelompok A tidak boleh menyelematkan anggota A lainnya yang berada di penjara, begitu juga sebaliknya.

- Apabila salah satu anggota A berhasil menyentuh benteng lawan maka menjadi pemenang.

B. Permainan Gopak Sodor

Permainan ini berbentuk persegi panjang dengan ukuran 4×6 meter, seperti pada gambar 1.1. Tiap garis dijaga oleh satu orang. Tiap permainan terdiri dari 2 kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 4 orang.

Peraturan permainan :

- Waktu permainan ± 10 menit.

- Tiap kelompok diberikan 1 kesempatan untuk menjadi pemain dan penjaga.

- Anggota A harus melewati garis-garis pada tiap kotak dan jangan sampai tersentuh lawan yang sedang menjaga garis.

- Apabila salah satu anggota A tersentuh penjaga lawan maka dihitung banyak garis yang telah dilewati.

- Penjaga lawan harus berada di garis yang sudah ditentukan dan tidak boleh melewati garis batas atau garis yang berada di samping.

- Apabila anggota kelompok A berhasil melewati semua garis tanpa tersentuh penjaga atau yang paling banyak melewati garis maka dianggap pemenang.

C. Permainan Benthek/Pati Lele

Permainan ini terdiri dari 2 kelompok, dimana 1 kelompok terdiri dari 2 orang. Bentuk permainan ini yaitu tanah yang di lubangi berbentuk elips, alat yang digunakan yaitu ranting, dimana terdiri dari 2 macam benda. 1 sebagai induk dimana panjang ranting ± 45 cm dan 1 sebagai anak dimana panjang ranting ± 15 cm.

Permainan ini ada 3 tahap yaitu :

1. Cukitan yaitu tahap dimana seorang anggota A melakukan cukitan terhadap anak benda menggunakan induk benda yang diletakkan di atas lubang dengan posisi horizontal. Kemudian lawan harus berusaha menangkap anak benda tersebut.

2. Pukulan/tampelan yaitu tahap dimana seorang anggota A melakukan pukulan/tampelan terhadap anak benda. Caranya anak benda dipegang bersamaan dengan induk benda kemudian anak benda dilemparkan dan dipukul dengan menggunakan induk benda. kemudian lawan harus berusaha menangkap anak benda tersebut.

3. Pati lele yaitu tahap dimana seorang anggota A melakukan pukulan tetapi pukulan yang dilakukan tidak sama dengan tahap yang kedua, anak benda diletakkan miring di lubang kemudian dengan cara khusus anak benda dipukul seperti bentuk pati pada ikan lele. Disini lawan tidak boleh menangkap anak benda.

Peraturan permainan :

- Waktu permainan ± 10 menit.

- Untuk tahap 1 dan 2, bila lawan bisa menangkap dengan 1 tangan anggota A diberi 5 poin, dan bila lawan menggunakan 2 tangan maka anggota A diberi poin 10, dan apa bila lawan tidak bisa menangkap maka anggota A mendapatkan poin sebanyak jarak yang ditempuh anak benda dihitung dengan panjang induk benda dari lubang.

- Pada tahap 3, poin didapatkan dengan menghitung jarak anak benda dengan menggunakan panjang anak benda itu sendiri dari lubang.

- Tiap kelompok diberi satu kesempatan untuk memukul dan menangkap.

- Pemain yang paling banyak mengumpulkan point maka yang akan menjadi pemenang.

D. Permainan Engkle

Permainan ini merupakan permainan yang dilakukan individu. Bentuk permainan ini bermacam-macam, seperti : bentuk kincir angin, papan, robot, pak tani, bu tani, dan lain-lain. Yang digunakan pada perlombaan ini adalah bentuk robot seperti pada gambar 1.2, tiap kotak berukuran sekitar 60×60 Cm. Para pemain memilih ganco masing-masing yang berupa sebuah genteng atau keramik atau sejenis batu tipis yang berukuran tidak melebihi lebar telapak tangan. Peserta yang memiliki rumah pertama akan dijadikan sebagai pemenang. Untuk memiliki rumah, peserta harus melewati tujuh kotak dengan melemparkan ganconya ke masing-masing kotak secara berurutan, untuk melewati kotak tersebut peserta harus menggunakan cara khusus yang sudah diberikan oleh panitia. Pada kotak terakhir, ganco tidak dilempar ke kotak terakhir melainkan ganco diletakkan di telapak tangan kemudian saat di kotak terakhir ganco dibalik ke punggung tangan, lalu dengan cara membelakangi kotak batu dilempar.

Peraturan Permainan:

- Waktu permainan ±10 menit

- Pada kotak 1 sampai 6 ganco boleh diambil seperti biasa, kecuali pada kotak 5 peserta harus mengambil ganco dengan cara membelakangi kotak.

- Ganco tidak boleh sampai terkena garis dari kotak, apabila ganco terkena garis maka lawan yang diberi kesempatan untuk melewati kotak. Ganco yang tadi terkena garis otomatis akan berada di kotak, tanpa harus melempar lagi.

- Kotak yang dilewati harus berurutan, apabila tidak urut maka peraturannya sama saat ganco terkena garis.

- Kaki atau tidak boleh menginjak garis walaupun sedikit saja, bila menginjak atau menyentuh maka peraturannya sama dengan saat ganco terkena garis.

- Pada saat akan mengambil sebuah rumah, peserta harus melempar dengan cara membelakangi kotak, batu yang masuk ke salah satu kotak akan dijadikan rumah.

- Peserta yang mendapatkan rumah pertama akan dijadikan sebagai pemenang.

Gambar Permainan 1.1 Gopak Sodor

Ingin tinggalkan komentar?