Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 520

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 535

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 542

Deprecated: Assigning the return value of new by reference is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 578

Deprecated: Function set_magic_quotes_runtime() is deprecated in /home/users/menwa/www/wp-settings.php on line 18

Warning: Cannot modify header information - headers already sent by (output started at /home/users/menwa/www/wp-settings.php:520) in /home/users/menwa/www/wp-content/plugins/sidebar-login/sidebar-login.php on line 260
News : MENWA ITS
pro investasi

October 30, 2009

Menggugah Kesadaran Generasi Muda

Untuk Mengembangkan Teknologi Kemiliteran Indonesia

Kampus Perjuangan. Begitulah civitas akademika ITS menyebut kampus tercintanya. Perguruan tinggi teknik ini senantiasa berusaha memajukan keilmuannya dibidang teknologi dan sains. Berbagai aktivitas keilmuan telah dilakukan dan diikuti. Mulai dari seminar, partisipasi dalam PIMNAS dan PKM yang diselenggarakan oleh DIKTI, kontes yang bertajuk teknologi seperti Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia, dll. Seringkali mahasiswa-mahasiswi ITS mengharumkan nama baik kampusnya melalui prestasi-prestasi yang diraih dalam ajang bergengsi seperti di atas.

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ITS ke-49 tahun ini, berbagai elemen yang ada di ITS berpartisipasi dalam memeriahkan acara tahunan tersebut. Serangkaian acara dies natalis tersebut meliputi: seminar, pertandingan olahraga, bakti sosial, pameran teknologi, dll.

Pada dies natalis tahun ini Unit Kegiatan Resimen Mahasiswa 802 ITS ikut berpartisi aktif dalam memeriahkan Dies Natalis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya Ke-49 dengan mempersembahkan satu rangkaian acara yang dikemas dalam bentuk pameran yang bertajuk Teknologi Militer. Pameran teknologi ini dinamai IMTE (Indonesian Military Technology Exhibition). Pameran teknologi militer ini diikuti oleh beberapa institusi/instansi, seperti Departemen Pertahanan RI, Departemen Riset dan Teknologi RI, beberapa institusi militer, perusahaan-perusahaan serta penelitian-penelitian dari civitas akademika ITS.

IMTE (Indonesian Military Technology Exhibition) tahun ini mengambil tema

” Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Kembangkan Teknologi Kemiliteran Menuju Kemandirian Bangsa ”. Dengan adanya pameran teknologi militer ini diharapkan dapat menarik minat kalangan terpelajar untuk mengembangkan teknologi militer, khususnya kalangan mahasiswa dan dosen, dengan harapan suatu saat nanti Indonesia bisa mempunyai teknologi militer sendiri tanpa bergantung kepada teknologi militer negara lain.

IMTE ini diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2009 yang bertempat di Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya.

Anggota Resimen Mahasiswa bukanlah orang-orang pilihan. Anggota Resimen Mahasiswa hanyalah manusia biasa. Kami hanya bisa berusaha dan berdoa. Berusaha mempersembahkan yang terbaik untuk Ibu Pertiwi sebagai bentuk pengabdian kami.

Semangat Pemuda selalu mengiringi langkah untuk berkarya. Hidup Pemuda Indonesia!

Gambar tampak atas Graha Sepuluh Nopember ITS Surabaya

Written by: SATMENWA 802 ITS

Alamat Penyelenggara LKCTM

July 28, 2009

Proposal LKCTM mohon untuk dialamatkan ke :

Resimen Mahasiswa 802

Kemahasiswaan BAAK ITS

Keputih - Sukolilo

Surabaya ( 60111 ).

untuk konfirmasi mohon untuk menghubungi /sms ke 085645594912 An. Antonius Dian D. atau 0315998380

Untuk Menghindari Keterlambatan pengiriman lewat Pos, proposal bisa dikirim terlebih dahulu melalui alamat email : menwa802@gmail.com. jika proposal telah masuk ke email kami maka meskipun terjadi keterlambatan ( sebelum selesai proses seleksi ) akan kami anggap telah mendaftarkan diri.

terima kasih.

Buku Panduan LKCTM

July 28, 2009

DAFTAR ISI

Hal

A. Pendahuluan 2

  1. Tujuan 3

C. Tema 3

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan 3

E. Pendaftaran Peserta 4

F. Sistem Perlombaan 5

G. Bidang Teknologi yang dikembangkan 5

H. Proses Lomba Karya Cipta Teknologi Militer 6

I. Indonesian Military Technology Exhibition 8

J. Skema dan Alur Pelaksanaan Kegiatan 9

K. Alamat Penyelenggara 9

Lampiran – Lampiran 10

Lampiran I. Formulir Pendaftaran 10

Lampiran II. Sistematika Proposal 11

Lampiran IV. Kepanitiaan 13

A. Pendahuluan

Perubahan “ PARADIGMA ” pengembangan teknologi dalam bidang Kemiliteran di Indonesia merupakan dasar pemikiran dalam mengadakan kegiatan lomba ini. Pengembangan teknologi di bidang kemiliteran di Indonesia dirasakan masih sangat ekslusif dan hanya dilaksanakan oleh lembaga penelitian pemerintah/TNI ataupun perusahaan swasta yang berhubungan dengan pemerintah.

Pengembangan Teknologi Kemiliteran tidak cukup jika hanya mengandalkan kemampuan dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Kemiliteran Indonesia baik yang dimiliki oleh Markas Besar Tentara Nasional Indonesia ( Mabes TNI ) ataupun Lembaga Penelitian dan Pengembangan lain milik Pemerintah maupun Swasta. Pemikiran Mahasiswa Indonesia seharusnya juga bisa ikut andil bagian dalam pengembangan Teknologi Kemiliteran di Indonesia sehingga Mahasiswa sebagai calon Teknokrat bangsa mempunyai peran yang nyata dalam pengabdiannya bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Berdasarkan Pemikiran tersebut di atas, kegiatan yang diberi nama ” Lomba Karya Cipta Teknologi Militer Antar Mahasiswa Tingkat Nasional Tahun 2009 ” diadakan. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan Teknologi Kemiliteran dengan cost yang kecil yang bisa dikembangkan kembali oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Teknologi Kemiliteran TNI, Pemerintah maupun Swasta serta Industri Teknologi Kemiliteran yang ada di Indonesia.

Kegiatan tersebut dalam pelaksanaannya berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan RI, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Departemen Pertahanan, Lembaga Penelitian dan Pengembangan Mabes TNI, Kodam V Brawijaya, bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengembangan Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Pengembangan Teknologi Militer ini diharapkan bisa menjadi suatu Trend Ilmu yang diminati oleh Mahasiswa sehingga nantinya diharapkan Indonesia bisa mempunyai teknologi militer sendiri tanpa bergantung kepada teknologi militer negara lain. Lomba Karya Cipta Teknologi Militer ini merupakan kegiatan pengembangan teknologi di bidang kemiliteran yang pertama kali melibatkan Mahasiswa secara langsung dan terbuka. Kegiatan diharapkan akan menjadi awal Kebangkitan Teknologi Kemiliteran Indonesia sesuai dengan tema yang diambil: ” Dengan Semangat Kepahlawanan Kita Kembangkan Teknologi Kemiliteran Menuju Kemandirian Bangsa ”.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di Graha Sepuluh Nopember Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

B. Tujuan dan Manfaat

Tujuan dan manfaat LKCTM – 2009 adalah :

1. Memperlihatkan kepada dunia Internasional kemampuan putra-putri bangsa Indonesia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Membantu Riset Pusat Pengembangan Teknologi Kemiliteran yang ada di Indonesia baik milik Pemerintah, TNI maupun Pihak Industri/swasta.

3. Sebagai salah satu wadah dan sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kemiliteran di Indonesia.

4. Menjadikan ilmu pengetahuan dan teknologi kemiliteran sebagai Trend teknologi dan Budaya dikalangan mahasiswa indonesia.

5. Menjalin hubungan dan kerjasama yang saling menguntungkan antara Perguruan Tinggi sebagai Institusi Pendidikan dengan Pemerintah / TNI dan juga kalangan Industri di bidang pengembangan dan Riset Teknologi Kemiliteran.

6. Menggugah kesadaran generasi muda untuk mengembangkan teknologi kemiliteran sehingga dikemudian hari masyarakat dan pemerintah dapat menggali lebih jauh potensi dan kemampuan bangsa Indonesia.

C. Tema

Tema untuk Lomba Karya Cipta Teknologi Militer 2009 adalah :

” Dengan Semangat Kepahlawanan

Kita kembangkan Teknologi Kemiliteran

Menuju Kemandirian Bangsa ”

D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan :

Waktu : 4 & 5 Nopember 2009

Tempat : Graha Sepuluh Nopember

Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya

Akomodasi peserta Lomba menggunakan Wisma ITS dan Asrama mahasiswa ITS atau tempat lain yang akan ditentukan kemudian.


E. Pendaftaran Peserta

1. Pendaftaran Peserta dilaksanakan tanggal 15 Juli – 7 Agustus 2009 pada hari dan jam kerja.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran sesuai dengan format pada lampiran 1.

( Formulir Pendaftaran bisa didownload di www.menwa.its.ac.id )

3. Menyerahkan Proposal Karya Cipta sesuai dengan format pada lampiran II.

( Format proposal bisa didownload di www.menwa.its.ac.id )

4. Penyerahan Berkas Lomba Karya Cipta dilaksanakan dengan 2 mekanisme :

1. Via Pos

Penyerahan Berkas Lomba via pos dialamatkan ke :

Markas Komando Resimen Mahasiswa 802

BAAK ITS

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keputih-Sukolilo

Surabaya

Kode pos : 60111

Berkas lomba yang harus diserahkan :

- Proposal Karya Cipta sebanyak 5 buah

- Formulir Pendaftaran 2 lembar ( 1 Asli, 1 Fotocopy )

- Pas Foto berwarna 4×6 ( Dibelakangnya ditulis nama ) sebanyak 2 buah

- Melampirkan fotocopy bukti pembayaran pendaftaran peserta lomba.

Berkas lomba paling lambat tanggal 7 Agustus 2009 cap pos.

2. Via Website

Penyerahan berkas lomba via website dapat diakses melalui :

Web : www.menwa.its.ac.id

Berkas lomba yang harus diisi melalui website :

- Mengisi Formulir pendaftaran online dengan lengkap

- Mengupload proposal karya cipta ke website ( format PDF )

- Mengupload bukti pembayaran pendaftaran peserta lomba.

Untuk diperhatikan : Berkas lomba harus diserahkan kepada panitia via pos dan via website.

5. Formulir Pendaftaran dan Proposal Riset Tim Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta diajukan ke panitia LKCTM – 2009 dengan persetujuan Dosen Pembimbing, Dekan Fakultas, dan Pembantu Rektor/Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing Perguruan Tinggi.

6. Membayar biaya Pendaftaran ke Rekening RESIMEN MAHASIWA di Bank BNI dengan No. Rek. 0152461809 a.n Ayuarisa Ika Wandini sebesar

Rp. 150.000,- ( Terbilang : Seratus lima puluh ribu rupiah )

F. Sistem Perlombaan

  • Setiap Tim terdiri atas 3 ( Tiga ) Mahasiswa dan 1 ( satu ) orang Dosen Pembimbing.
  • Setiap Tim Mempresentasikan Teknologi karya Cipta yang dibuat maksimal selama 30 Menit.
  • Karya Cipta yang dibuat akan langsung diuji fungsi serta kegunaannya pada saat Presentasi, Jika tidak memungkinkan karena kondisi tempat kurang ideal maka uji coba karya cipta bisa dilakukan setelah Presentasi selesai di tempat yang sesuai dengan koordinasi Penyelenggara dan Dewan Juri.
  • Setiap Tim yang melakukan uji coba di lapangan/outdoor diharapkan Melaporkan terlebih dahulu kepada panitia sebelum perlombaan dilaksanakan/mencantumkannya dalam proposal.

G. Bidang Teknologi Yang Dikembangkan

Bidang teknologi yang dikembangkan/dilombakan berupa:

Pengembangan teknologi Sistem Sensor, Navigasi dan Komunikasi Tempur. Contoh pengembangan :

a. Sistem sensor

Alat yang dikembangkan berupa alat sistem sensor yang bermanfaat dan tepat guna bagi sistem pertahanan Nasional. Bidang Teknologi yang dikembangkan adalah sebagai berikut :

- Sensor bawah laut

- Robot yang dilengkapi sistem sensor untuk keperluan bidang pertahanan

- Sistem Kontrol jarak jauh peluru kendali/roket

- Dll.

b. Sistem komunikasi dan navigasi

Alat yang dikembangkan berhubungan dengan sistem komunikasi dan navigasi yang bermanfaat dan tepat guna bagi sistem pertahanan Nasional. Bidang teknologi yang dikembangkan adalah sebagai berikut :

- Komunikasi anti jamming, anti penyadapan

- Sistem jamming/pengacau radar atau komunikasi

- Alat Pelacak jarak jauh

- Alat Komunikasi bawah laut

- Sistem radar dan monitoring

- Binokuler ( deteksi thermal, jarak, spotter/laser pointer )

- Dll.

H. Proses Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer dibagi menjadi 3 Tahapan utama yaitu :

A. Tahapan pertama

Proses Penyeleksian Proposal Karya Cipta

Proses Penyeleksian dilakukan secara ” Desk Evaluation ” dari seluruh proposal yang diterima pada waktu pendaftaran.

Kriteria Seleksi yang digunakan :

a. Originalitas Inovasi

b. Nilai Fungsi dan Kegunaan Karya Cipta

c. Konsep dan Desain Dasar Karya Cipta

d. Tingkat Teknologi yang digunakan

Pada proses ini proposal yang terkumpul akan diseleksi oleh tim juri independent.

Proses seleksi ini dilaksanakan dari tanggal 8 Agustus 2009. Proses Seleksi ini, akan diumumkan 40 ( Empat Puluh ) Tim yang lolos seleksi.

Pengumuman peserta akan dilaksanakan pada tanggal 09 Agustus 2009 melalui surat ke perguruan tinggi masing masing.

Masing-masing Tim yang telah Lolos Seleksi ini akan mendapatkan Akomodasi Tim ( 3 Mahasiswa dan 1 Pembimbing ) dari tanggal 3 – 5 Nopember 2009.

Bagi tim yang tidak lolos seleksi masih bisa menampilkan karya ciptanya di acara Indonesian Military Technology Exhibition sebagai peserta pameran bergabung dengan karya mahasiswa dan perusahaan industri militer lainnya, dengan catatan segala biaya akomodasi ditanggung oleh perguruan tinggi yang bersangkutan, dalam hal ini panitia pameran hanya akan memberikan stand untuk pameran dengan terlebih dahulu tim yang bersangkutan mendaftarkan diri dan berkoordinasi dengan panitia dengan mekanisme yang akan disampaikan lebih lanjut.

B. Tahapan kedua

1. Pembuatan karya cipta

Pada tahapan ini 40 tim yang ikut serta akan sampai pada tahap pembuatan karya cipta. Pada tahapan ini seluruh tim diberikan waktu penyelesaian karya cipta selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 10 Agustus 2009 sampai dengan 31 Oktober 2009.

2. Pengawasan pelaksanaan pembuatan karya cipta

Pada tahapan ini setiap tim wajib memberikan laporan perkembangan secara visual dan data perkembangan pelaksanaan pembuatan karya cipta yaitu :

a. Laporan Berisi tentang Perkembangan Pembuatan Karya cipta dalam bentuk Print out.

b. Laporan disertakan dengan Video berisi perkembangan Model Karya Cipta dalam bentuk DVD.

c. Laporan ini harus diserahkan paling lambat tanggal 5 Oktober 2009 ke alamat panitia penyelenggara.

d. Laporan diserahkan ke alamat panitia penyelenggara.

C. Tahapan ketiga

1. Pengumpulan karya cipta

Ini merupakan tahapan registrasi ulang, pengecekan terakhir terhadap seluruh karya cipta yang akan diujicobakan. Seluruh karya cipta harus sudah ada di tempat kegiatan yang telah ditentukan pada tanggal 3 Nopember 2009. Pada tahapan ini dilakukan pengecekan terakhir setiap tim terhadap karya cipta yang telah dibuat.

2. Presentasi dan uji coba karya cipta

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4 & 5 Nopember 2009. Hari pertama akan dilakukan presentasi dan tanya jawab serta ujicoba terhadap 20 karya cipta yang ada. Kemudian pada hari kedua akan dilakukan presentasi dan ujicoba untuk 20 karya cipta berikutnya

( Jadwal menyesuaikan ). Karya cipta akan dipamerankan dan diujicobakan. Presentasi karya cipta dilakukan secara terbuka dihadapan penonton. Karya cipta akan di presentasikan didepan tim Independent. Untuk ujicoba karya cipta akan dilaksanakan di tempat yang sesuai dengan kebutuhan karya cipta tersebut baik indoor ataupun outdoor.

3. Pengumuman pemenang

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Nopember 2009. Pada tahapan ini akan dipilih 3 karya cipta terbaik untuk diberi penghargaan dari departemen pertahanan dan instansi lainnya serta Dana pembinaan dan pengembangan bagi Tim tersebut.

I. INDONESIAN MILITARY TECHNOLOGY EXHIBITION ( IMTE )

Kegiatan Pameran Teknologi ini akan diisi oleh pameran Teknologi Militer dan Industri. Beberapa Lembaga Penelitian baik milik pemerintah, TNI maupun swasta akan mengambil tempat dalam kegiatan pameran Teknologi ini. Pameran ini juga akan diikuti oleh beberapa perusahaan produksi peralatan militer yang ada di Indonesia.

Dengan adanya pameran teknologi ini diharapkan tercipta suatu hubungan yang sinergis antara mahasiswa dengan dunia industri teknologi kemiliteran sehingga teknologi kemiliteran akan semakin berkembang.

Pameran ini dikoordinasikan dengan Pelaksana dari Departemen Pertahanan yaitu Dirjen Sarana Pertahanan Marsda TNI Erris Herryanto,MA.

Diharapkan dengan adanya kalangan Industri dan Pemerintah dalam acara ini Karya Cipta yang dihasilkan oleh Mahasiswa bisa menjadi bahan Industri ataupun Bahan Teknologi untuk dikembangkan oleh lembaga Riset dan Penelitian Pemerintah ataupun swasta sehingga tecipta suatu kondisi yang sinergis antara Dunia Pendidikan, Industri dan Pemerintah di Bidang Pengembangan Teknologi Kemiliteran.

Pameran ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 4 dan 5 Nopember 2009 bersamaan dengan dilaksanakannya kegiatan lomba. Pameran Teknologi ini juga akan diisi oleh para pelaku industri pembuatan peralatan Militer yang ada di Indonesia. Dalam Pameran ini para mahasiswa dapat berinteraksi secara langsung dengan para pelaku industri tersebut. Dengan adanya pameran ini diharapkan hasil Karya Cipta yang dibuat dan dirancang oleh para peserta bisa menjadi karya cipta yang berharga dan bisa dikembangkan oleh para pelaku Industri.

Tujuan diadakannya Pameran teknologi militer ini agar bisa memacu semangat dan keinginan dari mahasiswa untuk bisa berperan aktif membantu pemerintah dalam hal pengembangan teknologi kemiliteran. Kegiatan ini merupakan pondasi dasar yang harus segera dilaksanakan dalam rangka kemandirian bangsa terkait pengembangan teknologi kemiliteran sehingga bisa menjadi bangsa yang lebih maju dan unggul dalam pengembangan teknologi di masa yang akan datang.

J. Skema dan Alur Pelaksanaan Kegiatan

NO

KEGIATAN

WAKTU

1

Pendaftaran Peserta

15 Juli – 18 Agustus 2009

2

Penyeleksian Proposal

20 - 25 Agustus 2009

3

Pengumuman Peserta

26 Agustus 2009

4

Pembuatan Karya Cipta

27 Agustus – 31 Oktober 2009

5

Pengawasan Karya Cipta

5 Oktober 2009

6

Pengumpulan karya Cipta

3 Nopember 2009

8

Lomba Karya Cipta

4 & 5 Nopember 2009

9

Pameran Teknologi Militer

4 & 5 Nopember 2009

K. Alamat Penyelenggara

Alamat :

Komando Resimen Mahasiswa Satuan 802

BAAK ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keputih – Sukolilo

Surabaya ( 60111 )

Telp. 031 – 5998380

Website & E-mail

Website : menwa.its.ac.id

E - mail : menwa802@gmail.com

Lampiran – Lampiran

Lampiran 1

Format Formulir Pendaftaran

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat Nasional

LKCTM - 2009

Nama Karya Cipta :

Nama Tim :

Ketua Tim :

Dosen Pembimbing :

Perguruan Tinggi :

Contact Person :

( Contact Person diisi data nama Mahasiswa ( 3 Orang ) dan Dosen Pembimbing secara lengkap meliputi ; Nama, Alamat, nomor Telepon, e-mail, dilengkapi dengan Foto )

Note :

Format Formulir disesuaikan dengan perguruan tinggi masing masing

dengan tetap mengacu pada sistematika diatas.

Lampiran 2

Format Sistematika Proposal

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat Nasional

LKCTM – 2009

I. Cover

Format

Atas :

Nama Karya Cipta

Dalam Rangka Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat nasional

LKCTM – 2009

Bawah :

Universitas/Institut

II. Lembar Identitas

Nama Karya Cipta

Bidang Teknologi yang dikembangkan

Identitas Tim secara Lengkap ( 3 Mahasiswa dan 1 Dosen Pembimbing dilengkapi dengan foto berwarna 3×4)

III. Isi

A. Pendahuluan

A.1 Latar Belakang

Berisi tentang latar belakang pemilihan konsep karya cipta yang akan dibuat untuk meyakinkan bahwa karya cipta yang dibuat benar benar bisa berguna.

A.2 Tujuan

Tujuan dikembangkannya Karya cipta tersebut serta fungsi dari karya cipta yang dibuat.

B. Tinjauan Pustaka

Berisi tentang dasar teori yang mendukung proses pembuatan karya cipta tersebut. Untuk mendukung dasar penerapan teknologi yang dikembangkan.

C. Deskripsi Karya Cipta

Di dalam Deskripsi ini harus bisa menjelaskan :

1. Substansi Teknis Dasar dari Karya Cipta, meliputi prosedur dan proses kerja, desain mekanik,desain elektronik dan lainnya. Disertai gambar teknik desain karya cipta tersebut.

2. Matrix tambahan seperti Cost atau biaya pembuatan, Sumber material mesin mekanik/elektronik, dan kajian lain yang bisa melengkapi keakuratan data teknik.

3. Rencana jadwal pembuatan karya cipta untuk 3 bulan ( 10 Agustus – 31 Oktober 2009 ) dilengkapi dengan target kemajuan karya cipta.

IV. Penutup

Kata penutup dari Tim pembuat Karya Cipta.

Lampiran IV

Susunan Kepanitiaan

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat Nasional

LKCTM – 2009

Pelindung : Menteri Pertahanan RI

Menteri Riset dan Teknologi RI

Menteri Perindustrian RI

Rektor ITS Surabaya

Pangdam V Brawijaya

Penanggung Jawab : Pembantu Rektor III ITS

Tim Pengarah :

Marsda Eris Herryanto,MA Dirjen Sarana Pertahanan

Ir. Mahfud MMT Direktur PPNS

Prof.Dr.Ir.Eko Budi Djatmiko,M.Sc Pembantu Rektor IV

Letkol kav edi Sutjipto S.PI Pawanwil Kodam V

Tim Juri :

Prof.Ir Gamantyo Hendrantoro M Eng Ph D

Dr. Tri Arief Sardjono, ST, MT

Ir. Suhadi Lili

Dr. Ir. Teguh Hariyanto M.Sc

Dr. Ir Wisnu Wardhana, Msc

Prof.Dr.Basuki Widodo,M.Sc

Ketua Umum : Drs. Bandung Arry S. M.IKOMP Pembina Menwa ITS

Ketua I : Bambang Setiawan,S.Kom.MT Dosen ITS

Ketua II : Antonius Dian Darmawan UKM Menwa ITS

Seksi – Seksi :

Anggota Resimen Mahasiswa 802 ITS dan Tim Kemahasiswaan ITS

Form pendaftaran dan Format Proposal LKCTM

July 28, 2009


Lampiran 1

Format Formulir Pendaftaran

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat Nasional

LKCTM - 2009

Nama Karya Cipta :

Nama Tim :

Ketua Tim :

Dosen Pembimbing :

Perguruan Tinggi :

Contact Person :

( Contact Person diisi data nama Mahasiswa ( 3 Orang ) dan Dosen Pembimbing secara lengkap meliputi ; Nama, Alamat, nomor Telepon, e-mail, dilengkapi dengan Foto )

Note :

Format Formulir disesuaikan dengan perguruan tinggi masing masing

dengan tetap mengacu pada sistematika diatas.


Format Sistematika Proposal

Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat Nasional

LKCTM – 2009

I. Cover

Format

Atas :

Nama Karya Cipta

Dalam Rangka Lomba Karya Cipta Teknologi Militer

Antar Mahasiswa Tingkat nasional

LKCTM – 2009

Bawah :

Universitas/Institut

II. Lembar Identitas

Nama Karya Cipta

Bidang Teknologi yang dikembangkan

Identitas Tim secara Lengkap ( 3 Mahasiswa dan 1 Dosen Pembimbing dilengkapi dengan foto berwarna 3×4)

III. Isi

A. Pendahuluan

A.1 Latar Belakang

Berisi tentang latar belakang pemilihan konsep karya cipta yang akan dibuat untuk meyakinkan bahwa karya cipta yang dibuat benar benar bisa berguna.

A.2 Tujuan

Tujuan dikembangkannya Karya cipta tersebut serta fungsi dari karya cipta yang dibuat.

B. Tinjauan Pustaka

Berisi tentang dasar teori yang mendukung proses pembuatan karya cipta tersebut. Untuk mendukung dasar penerapan teknologi yang dikembangkan.

C. Deskripsi Karya Cipta

Di dalam Deskripsi ini harus bisa menjelaskan :

1. Substansi Teknis Dasar dari Karya Cipta, meliputi prosedur dan proses kerja, desain mekanik,desain elektronik dan lainnya. Disertai gambar teknik desain karya cipta tersebut.

2. Matrix tambahan seperti Cost atau biaya pembuatan, Sumber material mesin mekanik/elektronik, dan kajian lain yang bisa melengkapi keakuratan data teknik.

3. Rencana jadwal pembuatan karya cipta untuk 3 bulan ( 10 Agustus – 31 Oktober 2009 ) dilengkapi dengan target kemajuan karya cipta.

IV. Penutup

Kata penutup dari Tim pembuat Karya Cipta.

Pengumuman Lomba Karya Cipta Teknologi Militer ( LKCTM )

July 22, 2009

Bagi Peserta yang akan mendaftarkan diri sebagai peserta LKCTM harap segera mengirimkan semua berkasnya via email : menwa802@gmail.com dan via pos dengan alamat :

Resimen Mahasiswa 802

Biro Kemahasiswaan ( BAAK )

Kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Keputih-Sukolilo

Surabaya ( 60111 )

Tes News

July 22, 2009

Ini adalah berita